TADRIS MATEMATIKA BERKOLABORASI BERSAMA PAI, ADAKAN GUEST LECTURE

Pontianak, 29 Agustus 2023. Program Studi Tadris Matematika berkolaborasi dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Pontianak mengadakan Guest Lecture dengan tema “Pendidikan Agama Islam, Literasi Digital dan Komitmen Kebangsaan ” dengan mendatangkan narasumber dari luar yaitu , Ibu Zahrotus Saidah, MA.Pd Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai pemateri pertama dan Pemateri ke 2 dan ke 3 adalah dosen IAIN Pontianak yaitu bapak Havizul, S.T., M.Pd dosen Prodi tadris matematika IAIN Pontianak, dan Ibu Putri Handayani Lubis, M.Si dosen Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Aula Senat Gedung Rektorat, Lt. 4.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB yang dihadiri oleh lebih kurang 100 orang yang terdiri dari Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika dan Pendidikan Agama Islam, dosen di lingkungan FTIK IAIN Pontianak, wakil dekan 2, wakil dekan 3, serta kabag TU. Sebagai wakil dekan 3, Bapak Dr Sahrani M.Pd menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara kegiatan. Setelah Bapak Sahrani menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan materi yang dimoderatori oleh Ibu Hidayu Sulisti, S.Si., M.Pd. Pemateri pertama yaitu Ibu Zahrotus Saidah MA.Pd dosen Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyampaikan materinya tentang visiting lecture dengan tema Pendidikan Agama Islam, Literasi Digital dan Komitmen Kebangsaan. Dari penjelasan yang beliau menyampaikan tentang apakah kita sudah memanfaatkan media digital dengan benar? Seperti yang kita ketahui bahwa digital sekarang sudah berkembang sangat pesat kita sebagai mahasiswa ataupun dosen harus memanfaatkan media digital dengan benar, menyebarkan hal-hal positif dan harus bisa mengelola media digital dengan baik.

Selanjutnya ada pemateri kedua yaitu bapak Havizul S.T., M.Pd.dosen Prodi tadi matematika IAIN Pontianak menyampaikan bahwa media-media baru harus disertai dengan pencerdasan literasi digital. Agar kita bisa mengatasi diri dengan media-media baru tersebut. Ancaman yang mungkin terjadi adalah tersebarnya berita hoax.

Dilanjutkan oleh pemateri ketiga yaitu Ibu Putri Handayani Lubis M.Si mengenai dampak positif dan dampak negatif dari media sosial. Penggunaan internet di Indonesia juga makin tinggi pertumbuhan internet di Indonesia meningkat secara tajam dari tahun ke tahun, yang di mana sudah 87% penduduk Indonesia berinteraksi, berkolaborasi, bertransaksi, dan berkomunikasi secara digital. Terkait media digital yang sangat meningkat di Indonesia, bisa jadi akan berakibat adanya berita hoax, untuk kita mahasiswa ataupun dosen yang mempercayai pada berita hoax akan berdampak negatif misalnya berdampak perkelahian atau ketegangan antar kelompok masyarakat karena isu berbau SARA terus terus ada polarisasi tajam setiap kali ada pemilu atau Pilkada karena politisi, agama, identitas, dan nilai-nilai moral maupun budaya perlu kita garis bawahi bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia lebih baik berhati-hati akibat hoax lebih baik kita mengelola terlebih dahulu berita tersebut membantu memecahkan daripada ikut serta menyebarkan.

Setelah selesai pemateri menyampaikan materinya selanjutnya adalah sesi diskusi yang dimana dosen dan mahasiswa saling bertukar pikiran, dengan menyampaikan opininya. Dengan berakhirnya sesi diskusi, maka berakhir pula kegiatan guest lecture tersebut. Kegiatan pun ditutup dengan bertukar cendramata.

Penulis: INFOKOM HMPS TM

Editor: Hidayu Sulisti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *