MAGANG 2 PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA

Program studi Tadris Matematika hadir untuk mencetak lulusan sarjana (S1) sebagai calon pendidik bidang studi matematika yang professional. Hal tersebut memerlukan serangkaian program yang memfasilitasi mahasiswa memperoleh kompetensi akademik yang dapat menunjang pencapaian kompetensi professional seorang calon guru.

Satu di antara program yang dapat memfasilitasi mahasiswa dengan kematangan kompetensi professional seorang calon guru adalah program magang. Program Magang dalam kurikulum Program Studi Tadris Matematika dilaksanakan secara berjenjang, yaitu Magang 1 (Observasi Kultur Sekolah), Magang 2 (Pengembangan Perangkat Pembelajaran) dan Magang 3 (Praktik Pengalaman Lapangan). Setiap program magang dilaksanakan pada sekolah mitra dengan waktu dan tujuan yang berbeda.

Program Magang 2 adalah kegiatan praktis observative yang wajib diikuti seluruh mahasiswa program studi Tadris Matematika di bawah bimbingan dosen dan Guru Pamong pada lembaga Pendidikan (sekolah mitra).

Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung (learning by doing) yang fokus pada memantapkan kompetensi akademik kependidikan melalui penyusunan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), bahan ajar, serta perangkat evaluasi pembelajaran. Yang menjadi peserta magang 2 tahun 2022 ini ialah mahasiswa semester 5 sebanyak 21 orang. Pelaksanaan magang 2 dilakukan mulai tanggal 24 Oktober sampai dengan 10 November 2022. Terdapat 5 sekolah yang menjadi mitra pada kegiatan magang 2 ini, diantaranya MTs Negeri 1 Pontianak, SMA Negeri 3 Pontianak, SMP Negeri 23 Pontianak, SMA Mujahidin Pontianak, MTs Al-Ihsan.

Dokumentasi penyerahan mahasiswa magang dan penandatangan PKS di masing-masing sekolah sebagai berikut.

MTs Negeri 1 Pontianak
SMA Negeri 3 Pontianak
SMP Negeri 23 Pontianak
SMA Mujahidin Pontianak
MTs Al-Ihsan

Penulis: Hidayu Sulisti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *