MILAD KE 2, TADRIS MATEMATIKA GELAR LOMBA CERDAS CERMAT, CATUR, DAN POSTER

Selasa 27 Desember 2022 Program Studi Tadris Matematika Menyelenggarakan Lomba dalam memeriahkan Milad Tadris Matematika yang ke-2, Perlombaan ini dilaksanakan di Aula Abdul Rani pada pukul 08:00 Waktu Indonesia Barat (WIB) hingga selesai.

Berbagai perlombaan dilaksanakan di hari ke-2 Milad Tadris Matematika
Dimana ada beberapa perlombaan seperti, Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SMA sederajat, lomba Catur tingkat se-IAIN dan lomba Poster terbuka untuk umum.

LCC tingkat SMA sederajat diikuti oleh 6 sekolah yang totalnya terdiri dari 7 regu, diantaranya SMAN 1 Ptk, SMAN 2 Ptk, SMAN 8 Ptk, SMK Kesehatan Ptk, MA Imaduddin Ptk, MA Al-Hikmah Sambas. MA Al-Hikmah Sambas, cukup terkesan dalam perlombaan ini.

“Dalam mengikuti TM (Tadris Matematika) ini, saya sungguh terkesan kepada sekolah lain yang bisa lebih dari kami. Terus juga termotivasi dengan sekolah-sekolah yang lain” ungkap Furzadiwanti perwakilan MA Alhikmah Sidang

Perlombaan ini dibuka pendaftaran selama satu minggu. Dalam waktu yang cukup singkat ini, para peserta harus mempersiapkan diri dalam mengikuti perlombaan.
Dan dimana dalam perlombaan ini juga ada beberapa koreksian dari peserta agar lebih baik lagi kedepannya, baik itu dalam segi on time waktu dimulai dan kejelasan dalam membaca soal.

Juara 1 dan 2 dalam Perlombaan LCC diraih oleh peserta dari SMA N 1 Pontianak, dan juara 3 diraih oleh SMAN 2 Pontianak.

Salah satu perwakilan SMA N 1 pontianak menyampaikan kesan dalam mengikuti perlombaan LCC yang berlangsung di hari kedua milad Tadris Matematika ini.

“Nama saya Mefta reza azahra kelas 12 asal sekolah SMA 1 negeri pontianak, persiapan saya dalam mengikuti lomba ini cukup singkat, dikarenakan ini diberitahunya mendadak jadi langsung belajar juga dalam satu minggu. Pesan untuk tim mungkin kedepannya lebih baik lagi soalnya ada soal yang pembacaannya itu kurang jelas gitu,
Misalkan ada soal yang ada tanda kurung yang harusnya dibaca tapi tidak dibaca jadi lebih baik di tampilkan di layar. Kesannya dalam perlombaan ini saya senang karena ini lombanya gratis” ungkapnya.

Selain LCC, di hari yang sama juga terdapat perlombaan catur. Lomba catur ini diikuti 12 peserta dari IAIN Pontianak. Antusias peserta mengikuti lomba memberikan kesan tersendiri untuk salah satu dosen Tadris Matematika yang dimana beliau juga merupakan salah satu juri dari perlombaan tersebut.

“Alhamdulillah 12 peserta itu termasuk banyak dalam jangka waktu sesIngkat ini, apalagi ini musim-musim libur. Diadakan perlombaan catur itu sangat bagus, karena catur itu bukan hanya soal permainan saja tetapi juga mengasah taktik dan sebagainnya, saya harap bisa terus berjalan seperti ini karena antusias pesertanya bagus bahkan kemarin ada yang cewek-cewek juga ikut kalau tidak salah ada 4 atau 5 orang, mungkin itu bisa di follow up kalau di Himpunan ada bidang minat dan bakat dibikin entah itu club catur khusus putri atau putranya” ujar andina nurul wahidah

Perlombaan catur yang merupakan salah satu permainan yang juga mengasah taktik dimana taktik yang harus dikuasai untuk mengalahkan lawan.
Perlombaan catur ini juara pertama diraih oleh saudara Asyraful Akbar yang dimana merupakan salah satu mahasiswa Prodi (Program Studi) Tadris matematika semester 5
Di mana ia juga mengungkapkan bahwa catur merupakan salah satu hobinya.

“Untuk persiapan saya tidak ada menyiapkan terkait untuk lomba ini karna menurut saya, catur adalah jalan pikiran sehingga kita tidak bisa mempersiapkan layaknya kita mengikuti lomba-lomba lainnya, Catur memang hobby saya dari SD (Sekolah Dasar) kemudian Semenjak MA (Madrasah Aliyah) sudah tidak terlalu hobby dengan catur cuma masih sedikit banyak masih ingat cara bermain ataupun strateginya dalam permainan catur” ujarnya

Selain Perlombaan Catur dan LCC ada juga lomba Poster dimana perlombaan ini dibuka secara umum yang diikuti oleh 17 peserta. Perlombaan ini juara pertama diraih oleh salah satu Mahasiswa IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Pontianak. Sama halnya pendaftaran perlombaan ini dibuka dengan waktu yang singkat namun antusias peserta dalam lomba Poster ini sangat luar biasa. salah satunya Anisa yang merupakan juara pertama lomba poster ia mengungkapkan perisapnnya dalam perlombaan ini

“Perkenalkan nama saya Anisa alisa sudrajat saya dari Program Studi Menejemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, saya tau diadakan lomba poster ini dari grub WhatsApp, awalnya saya melihat poster karena iseng iseng saja seperti mudah temanya juga matematika is fun jadi enak mencari materinya jadi mudah persiapannya langsung daftar langsung buat sudah kepikiran dari sebelum daftar mau buat bagaimana konsepnya” tutupnya.

Penulis: Sahara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *