Kunjungan ke Museum Kalimantan Barat: Tingkatkan Suasana Akademik berbasis Etnomatematika

Kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak dalam meningkatkan kualitas riset berbasis etnomatematika tahun 2025, direalisasikan melalui kunjungan ke Museum Kalimantan barat. Kegiatan ini dilaksanakan bersama guru dan siswa Kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak pada 21 Mei 2025. Dosen pelaksana, Andina Nurul Wahidah, M.Pd mengungkapkan “kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan riset yang berkualitas serta memperkaya pengetahuan siswa terkait konsep matematika dengan pendekatan budaya”. Bertindak sebagai peneliti utama yaitu Azizah Jihadiah, mahasiswa prodi Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak Angkatan tahun 2023 mengangkat topik riset “Koleksi Museum Kalimantan Barat sebagai Sumber Belajar Matematika” dengan jenis quasi eksperimen.

Dalam kunjungan ke Museum Kalimantan Barat ini, peneliti menyusun tahapan pembelajaran yang dituangkan dalam modul ajar kelas VIII materi geometri. Secara langsung, siswa diajak untuk mengamati koleksi museum yang memiliki unsur geometri seperti bentuk simetri pada motif ukir, bentuk limas pada bangunan miniature rumah adat, ataupun unsur tabung pada alat-alat tradisional. Siswa secara aktif mencatat temuan mereka, peserta didik memahami konsep geometri tidak hanya secara teoritis, tetapi juga melalui pengalaman nyata yang dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari.

Etnomatematika, sebagai studi tentang matematika dalam budaya, memberikan konteks yang lebih bermakna bagi siswa dalam menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari dan praktik tradisional. Dalam konteks yang lebih spesifik, kegiatan outing class seperti ini dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, kontekstual dan mengimplementasikan ‘matematika menyenangkan’ bagi siswa khususnya siswa SMP Mujahidin Pontianak.

Dukungan penuh diberikan oleh unsur pimpinan program studi Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak. Suasana akademik yang mendukung keterlibatan budaya dalam pembelajaran matematika dipercaya dapat meningkatkan pemahaman konsep secara lebih konkret, memotivasi siswa, dan mengembangkan kemampuan kognitif serta praktis dalam kehidupan sehari-hari. 

Penulis: Andina Nurul Wahidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *